-->

Jenis Tinta Printer dan Fungsinya untuk percetakan

Jenis Tinta Printer dan Fungsinya untuk percetakan - pada kesempatan kali ini kita akan membahas jenis dan juga fungsi dari masing - masing nama tinta yang digunakan pada percetakan baik mesin besar maupun mesin printer inkjet biasa.

Jenis Tinta Printer dan Fungsinya untuk percetakan
Jenis Tinta Printer dan Fungsinya untuk percetakan

Tinta printer sendiri terbagi beberapa jenis mulai dari yang anti air, anti UV bahkan ada jenis tinta yang hanya bisa di tranfer menggunakan media panas. nah dari jenis dan fungsi tinta ini memiliki cara pengaplikasian masing - masing. sehingganya sebelum sobat membuka usaha cetakan harus terlebih dulu mempelajari atau memahami jenis - jenis tinta ini. oke kita akan membahas satu demi satu. mudah - mudahan dengan artikel yang tipstrikcetak buat memberikan manfaat dan wawasan baru untuk sobat semua.

Jenis - Jenis Tinta Mesin Percetakan

Tinta Dye Base

Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang dominan berbahan dasar dari air yang dicampur bahan perwarna (Colourant) tinta jenis ini memiliki kemungkinan mengendap dan mampet pada Printhead semakin kecil sehingga printer lebih awet. Namun hasil cetak tidak tahan lama dan bila terkena air akan blobor serta bila terpapar sinar UV (matahari) akan pudar.

Tinta Pigment

Tinta Pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, dan tahan air dibanding tinta dye base karena formula tintanya yang terdiri dari Air (H2O), Diluent, Colorant Pigment, dan yang lainnya. Tinta printer jenis Pigment ini memiliki kualitas hasil cetak yang lebih baik, tahan lama, tajam dan anti air (water proof) di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Inkjet Paper maupun photo paper. Kekurangan Tinta Pigment ini kalo Printer gak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka Printhead  akan tersumbat.

Tinta Sublim (Printer sublimation Ink)

Jenis tinta subilm ini sering dipakai oleh kebanyakan pengguna infus printer untuk transfer gambar hasil print ke media lain, Printer-printer standard yang digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti baju kaos, mug, keramik, dll. Karena Karekteristik Tinta Sublim yang jauh lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat.Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna(Colorant), diluent, dan zat lainnya.

Tinta Arpaper

Jenis Tinta Art Paper Ink ini cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color. Karena jenis kertas art paper mempunyai daya serap kecil sehingga kalau menggunakan tinta dye base biasa tentunya hasil cetak blobor.

Tinta Solvent

Jenis Tinta Solvent ini memiliki ketahanan yang paling baik terhadap Air dan UV, karena tinta solvent terbuat dari bahan-bahan yang mendekati seperti cat duco ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe-tipe Printer Outdoor. Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan UV.

Tinta Eco Solvent

Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing. Untuk jenis printernya juga menggunakan mesin digital printing.

Demikian beberapa jenis dan penjelasan mengenai tinta percetakan, dengan mengetahui jenis tinta ini sobat akan mudah menentukan tinta mana yang cocok untuk percetakan sobat ya. terimakasih sudah membaca postingan ini.

0 Response to "Jenis Tinta Printer dan Fungsinya untuk percetakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel